Sunday, 1 April 2018

KONSEP SOSIOLOGI PENDIDIKAN



1.1 PENGERTIAN SOSIOLOGI
  • Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang memberi fahaman tentang cara berteman atau bersahabat yang baik serta cara bergaul yang baik dengan masyarakat.
  • Mayor Polak mendefinisikan sosiologi adalah “ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakni hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik formal maupun material, baik statis maupun dinamis”.
  • Jadi, sosiologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang membahas tentang hubungan manusia dengan lingkungan masyarakat.

1.2 PENGERTIAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN
  • Sosiologi pendidikan merupakan suatu ilmu yang membicarakan bagaimana proses interaksi sosial yang dilakukan oleh seorang individu untuk mempengaruhi individu lain untuk mencari pengalaman baru serta mengorganisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat.
  • F. G. Robbins dan Brown mendefinisikan sosiologi pendidikan adalah “ilmu yang membicarakan dan menjelaskan hubungan-hubungan  sosial yang mempengaruhi individu untuk mendapatkan serta mengorganisasi pengalamannya”.
  • Jadi, sosiologi pendidikan adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang membahas proses interaksi sosial anak-anak mulai dari keluarga, masa sekolah sampai dewasa serta dengan keadaan sosial budaya yang terdapat dalam kalangan masyarakat dan negaranya.

1.3 SOSIOLOGI PENDIDIKAN
  • Sosoiologi pendidikan bertujuan utama memberikan kepada guru-guru latihan-latihan yang efektif dalam bidang sosiologi agar dapat memberikan sumbangannya secara cepat dan tepat kepada masalah pendidikan. 
  • Selain itu, sosiologi Pendidikan juga dapat menganalisis proses sosialisasi anak dalam keluarga, sekolah, mahupun masyarakat. Sosiologi pendidikan juga dapat menganalisis perkembangan dan kemajuan sosial dalam masyarakat.
                                                                                                 (218 patah perkataan)

Sumber:

Disediakan oleh:
GOH WEN KHANG

No comments:

Post a Comment